Super Hero for Us

When you’ve fighting for it all your life
You’ve been working every day and night
That’s how a superhero learns to fly
[ The Script – Superheroes ]

..

.

..

Sebagian dari kita pasti sudah sering mendengar lagu tersebut, bukan? Lagu yang dirilis oleh band Pop-Rock bernama The Script ini adalah lagu yang diangkat dengan tema self-esteem atau yang artinya adalah harga diri. Ditilik dari judulnya, Superheroes yang dalam Bahasa Indonesia adalah pahlawan ini adalah lagu yang membahas bukan tentang pahlawan super fiktif yang biasa kita lihat, namun pahlawan yang sesungguhnya.

Apa itu arti pahlawan? Menurut KBBI, pahlawan memiliki arti orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran. Sebagai contoh yang akrab dengan kehidupan kita sehari-hari, masih ingatkah kalian pada film Avatar – The Last Airbender? Aang adalah seorang pengendali udara terakhir yang ada di dunia karena dirinya dahulu kala melarikan diri dari rumah setelah para biksu memberitahu jika dirinya ditakdirkan sebagai seorang Avatar. Di tengah pelariannya, negara api menyerang dan memusnahkan semua pengendali udara.

Katara dan Sokka, dua bersaudara dari suku air di Kutub Selatan, mengeluarkan Aang dari es besar yang ia buat saat ia tenggelam karena badai besar bersama Appa, bison terbangnya. Karakter Aang dikenal baik di kalangan anak-anak, maupun orang dewasa yang sudah pernah menonton film ini sebagai pahlawan. Mengapa? Karena Aang adalah sesosok anak kecil yang diceritakan selalu membela kebenaran dan berusaha menyeimbangkan dunia seperti yang sudah dunia takdirkan untuknya, walaupun ia sebenarnya tidak mau menjadi Avatar.

Menjadi pahlawan bagi pendapat sebagian orang adalah hal yang sangat membanggakan. Semua orang mengidamkan diri mereka sebagai salah satu sosok pahlawan, seperti yang ada di film yang selama ini mereka tonton. Namun, menjadi pahlawan bukan berarti semua orang akan menyukai pahlawan tersebut. Seorang pahlawan tidak hanya harus menghadapi musuhnya, sedikit saja kesalahan yang mereka perbuat, orang-orang yang dulu menyeganinya sebagai pahlawan, justru akan berbalik menyerang dan mencemoohnya.

Bagi pahlawan, menjadi pahlawan adalah suatu hal yang tidak pantas mereka sandang. Sosok pahlawan memiliki tanggung jawab yang luar biasa, seimbang dengan nama mereka yang menjadi besar bagi orang-orang yang telah merasa ditolong oleh sang pahlawan. Pahlawan bukanlah manusia abadi maupun kekal seperti yang kita lihat selama ini di dalam film, namun pahlawan tetaplah manusia yang tak jarang akan berbuat salah, dan mereka selalu dituntut untuk memenuhi ego kita sebagai yang bergantung kepada para pahlawan untuk memenuhi keinginan kita sendiri.

Aku selalu membanggakan pahlawanku, kok! Pertanyaan selanjutnya, siapa sosok pahlawan bagimu? Sebagian menjawab Diana, Captain America, Po, Spider-Man, Superman, atau karakter fiktif lainnya. Tidak, pendapat itu tidak salah. Tapi, coba perhatikan sekeliling kalian. Orang tua, guru, sahabat. Mereka adalah contoh sosok pahlawan yang selalu berada di dekat kalian.

Mengapa bisa seperti itu? Orang tua adalah sosok yang membesarkan, merawat, dan melindungi kalian dari dunia yang kejam. Guru di sekolah memberikan kalian ilmu dan pendidikan, yang tanpa kalian sadari, walau menyebalkan, tapi sangat berguna bagi kehidupan kalian. Mungkin ada beberapa pelajaran yang tidak kalian sukai di sekolah, tapi akan ada selalu sosok guru yang kalian idolakan, bukan? Sahabat yang selalu ada di suka duka kalian. Walau kalian mungkin berpendapat itulah definisi sahabat yang sesungguhnya menurut kalian, kalian tidak akan pernah tahu juga apabila sebenarnya sahabat kalian juga memiliki masalah mereka sendiri, bukan?

Tanpa kita sadari, para pahlawan ternyata berada sangat dekat dengan kehidupan kita. Kita terlalu fokus dengan definisi “pahlawan” yang selama ini selalu kita ketahui sebagai orang yang memiliki kekuatan super, sehingga mengabaikan apa arti pahlawan yang sesungguhnya. Lalu, bagaimana jika ada seseorang berkata : “Tapi, aku tidak memiliki siapa pun dalam hidupku. Aku yatim-piatu, aku tidak bersekolah, aku tidak memiliki teman, aku selalu sendirian.

Itu tidak bisa dijadikan alasan bahwa kita tidak memiliki sosok pahlawan dalam hidup kita. Pahlawan tidak harus selalu berasal dari orang lain, namun pahlawan juga bisa berasal dari dalam diri kita sendiri. Menjadi pahlawan untuk diri sendiri, dan menjadi pahlawan bagi orang lain. Tuhan Yang Maha Esa menciptakan manusia sebagai makhluk sosial, yang berarti suatu hubungan timbal balik antar manusia. Kita bisa menjadi sosok pahlawan bagi orang lain, bukan sebagai seseorang yang mental victim, namun menjadi sosok ‘orang tua, guru, atau sahabat’ seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Mental sekuat baja, luka di masa lalu yang dijadikan bahan bakar untuk memberi kita kekuatan untuk melawan kejahatan, akan menjadikan diri kita sebagai sosok pahlawan yang sesungguhnya. Bisa menolong diri sendiri dari keterpurukan saja sudah menjadikan kita sebagai pahlawan bagi diri sendiri, dan pahlawan bagi orang lain yang termotivasi dengan tindakan kita sehingga membangkitkan jiwa pahlawan dalam diri mereka.

When you’ve fighting for it all your life, You’ve been working every day and night, That’s how a superhero learns to fly. Bait itu memiliki arti, Saat kau t’lah memperjuangkannya seumur hidupmu, Kau t’lah berjuang ‘tuk luruskan semuanya, Seperti itulah seorang pahlawan super belajar terbang. Mental kepahlawanan itu bisa kita latih dengan kemauan diri untuk berjuang keras melawan kegelapan yang berada di sekeliling kita, baik dalam maupun luar. Hingga pada akhirnya, kita akan menjadi garam bagi dunia. Gelap dari dalam memiliki arti sebuah pengalaman menyakitkan yang pernah kita alami, sedangkan gelap dari luar adalah tindakan lingkungan di sekitar yang mungkin kurang baik.

Pahlawan tidaklah abadi, ada saatnya sosok pahlawan akan terlupakan. Waktu ‘kan selalu berjalan, memberi dan menghapus memori. Maka, jadilah pahlawan sejak saat ini. Setidaknya, kau akan dikenal baik dan disegani oleh orang-orang di zamanmu. Memang tidak mudah, namun jika memiliki tekad kuat, tidak ada yang tidak mungkin. Jadilah seseorang yang memotivasi orang lain dan diri sendiri untuk menjadikan kalian sesosok pahlawan sejati. Ingat, usaha tidak pernah mengkhiatnati hasil.

 

Cause they’ve taken too much hits,

Now light them match up like watch them explode.

Daftar Pustaka

https://terjemah-lirik-lagu-barat.blogspot.com/2014/07/superheroes-script.html

https://creativedisc.com/2014/09/single-of-the-day-the-script-superheroes/

https://kbbi.web.id/pahlawan

https://id.wikipedia.org/wiki/Aang