SOCIOPRENEURSHIP

[powr-image-slider id=025c511b_1535606928801]

SMAK PENABUR Summarecon Bekasi dalam rangka mewujudkan misinya yaitu “Membentuk manusia unggul dalam  dalam karakter, keimanan dan kepedulian bagi sesama” maka pada tahun ini melaksanakan program Sociopreneurship.  Sekolah mempersiapkan anak didik untuk menjadi enterpreanuer- enterpreanuer yang tidak hanya memikirkan kepentingan  diri sendiri , tetapi juga yang peduli dan berempati kepada sesama yang membutuhkan bantuan dan dukungan . Ditengah – tengah era globalisasi dimana manusia semakin egois dan tidak peduli dengan orang lain, melalui kegiatan ini kami bermaksud menggugah hati anak – anak didik untuk memiliki jiwa sosial yang bisa mencerminkan nilai – nilai Kristiani  dalam kehidupan nyata.

Kegiatan ini dimulai dengan seminar dan workshop tentang Enterpreneurship yang diselenggarakan pada hari Rabu, 8 Agustus 2018 pukul 12.30 sd. 17.00 WIB bertempat di aula SMAK PENABUR Summarecon Bekasi  yang diikuti oleh siswa kelas X dan XI sebanyak 216 siswa. Sebagai narasumber kami mengundang Bapak Dr. Joseph M.J. Renwarin, beliau adalah dosen pasca sarjana (S2) dari Institut Kalbis yang sudah berpengalaman dalam dunia bisnis yang pernah menjabat sebagai direktur di bank swasta dan perusahaan swasta sebelum terjun sebagai dosen di Kalbis.

Dalam kegiatan ini diberikan tips – tips untuk menjadi wirausaha yang sukses sekaligus berjiwa sosial serta cara pembuatan perencanaan bisnis secara sederhana dan mudah dipraktekan oleh siswa. Peserta dibentuk menjadi 10 kelompok dan mereka diberikan tugas untuk membuat perencanaan bisnis dan dipresentasikan didepan seluruh peserta. Meskipun dalam waktu singkat peserta berhasil menyusun perencanaan bisnis dan mempresentasikan dengan rencana bisnis yang berbeda – beda .

Sebagai tindak lanjut, bekerja sama dengan guru Prakarya Rekayasa  dan Prakarya-Kewirausahaan masing – masing kelas akan dibentuk kelompok – kelompok yang akan membuat perencanaan bisnis yang menjadi penilaian harian untuk mata pelajaran Prakarya, yang akan dipilih 6 proposal terbaik. Dari 6 proposal terbaik akan diberikan modal untuk menjalankan usaha dan akan dipilih 3 kelompok terbaik yang akan mempresentasikan dihadapan orangtua murid.  Demikianlah kegiatan ini semoga bermanfaat dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinovasi dan menumbuhkan jiwa sosial, menjadi manusia bagi sesama.