TIPS MEMANFAATKAN GMAIL FASILITAS SISWA PENABUR

Email atau electronic mail yang berarti surat elektronik secara garis besar berguna untuk menjadi sarana mengirim pesan atau surat melalui jaringan internet. Salah satu fasilitas yang diberikan untuk semua siswa di sekolah BPK PENABUR adalah akun gmail. Untuk memanfaatkan email secara efektif kita perlu mengetahui terlebih dahulu manfaat dari email khususnya email PENABUR. Dalam dunia pendidikan, email sangat menunjang proses pembelajaran, antara lain :

  1. Sarana bertukar informasi berupa pemberitahuan, undangan dan berita mengenai kegiatan di sekolah
  2. Dapat mengerjakan tugas dimana saja karena tidak terikat dengan tempat
  3. Menjadi tempat penyimpanan file cloud storage, khusus untuk akun gmail siswa dan guru memiliki kapasitas tak terbatas (unlimited)
  4. Akses dunia pendidikan yang semakin luas
  5. Menghemat biaya karena tugas tidak memerlukan kertas
  6. sebagai sarana pengiriman dokumen
  7. media pembelajaran yang efektif
  8. memperbanyak teman melalui situs jaringan sosial
  9. Memudahkan guru untuk menilai karena tugas yang dikumpulkan melalui email memiliki catatan waktu yang rapih.

Dari sekian banyak manfaat email yang diberikan bagi siswa ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan diantaranya adalah :

  1. Akun Gmail yang diberikan harus dijaga kerahasiaan kata sandinya.
  2. Mengingat / menyimpan dengan baik user login dan password
  3. sambungkan dengan perangkat lain seperti smartphone/ gadget pribadi untuk sinkronisasi data
  4. Menggunakan fasilitas akun gmail dengan bijak.
  5. Menggunakan fasilitas penyimpanan secara online (cloud storage) google drive yang tersedia dengan ukuran tidak terbatas (unlimited)
  6. Membuat team drives (fasilitas google drives) yang berguna untuk share file/ data yang berhubungan dengan sekolah atau pelajaran.

Mengingat pentingnya fasilitas email sekolah ini, pastikan setiap siswa maupun guru memanfaatkannya secara efektif. Akun gmail ini juga akan terhubung sebagai akun di media e-learning sekolah (Moodle) http://smaksummareconbekasi.bpkpenabur.sch.id/. Untuk penjelasan lebih lanjut, konsultasi mengenai fasilitas gmail ini bisa menghubungi bapak Mathias selaku guru BIMTIK SMA Kristen PENABUR Summarecon Bekasi. (MT)