KEBERAGAMAN adalah KEKUATAN

Warna jingga mentari pagi, birunya langit dengan sedikit semburat warna putih dan kelabu seakan ingin mengatakan selamat datang buat seluruh anggota keluarga besar SMA KRISTEN PENABUR Summarecon Bekasi (ASB). Senin, 16 Juli 2018, hari pertama aktivitas belajar akan segera dimulai. Tidak ketinggalan, udara segar, angin sepoi-sepoi yang menggoyang dedaunan, berbagai macam tanaman hias yang berjajar di sepanjang tembok dalam gedung. Semuanya seakan turut menyampaikan, “Selamat pagi dan Selamat datang.“

Sambutan hangat dari para security, dan tidak ketinggalan senyum, sapa, salam dengan sopan dan santun dari para warga sekolah, para siswa, guru dan karyawan membuat suasana hari pertama masuk sekolah menjadi lebih terasa. Bagi siswa kelas 10, beragam perasaan muncul dalam diri mereka, ada yang menggelora, cemas, malu-malu, berani, cuek, dan biasa saja. Inilah kami ASB, dengan usia, jenis kelamin, suku, warna kulit, latar belakang keluarga, karakter, keinginan, cita-cita dan banyak hal lainnya yang berbeda. Indahnya sebuah keberagaman.

Kekuatan keberagaman seperti metafora Paulus dalam 1 korintus 12:12 ”Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.”

Jika kaki terluka, maka wajah meringis, air mata dengan empatinya turut menangis , tangan akan mengelus kaki untuk memberi kekuatan. Jika mata melihat makanan enak, hidung membaui aroma sedapnya,  bagaimana bisa mulut mengunyah dan merasakan manyosnya, jika tangan tidak menggapainya. Semuanya saling terhubung. Semuanya dipersatukan dalam satu tubuh dengan satu kepala, yaitu tubuh Kristus, Kristuslah kepalanya.

Keberagaman bukan masalah bagi kami, dengan keberagaman itulah kami keluarga besar ASB akan memulai hari baru dan dan melakukan perjalanan bersama. Melaluinyalah kami akan saling topang menopang, saling mengasah, belajar saling menerima, membangun pertemanan, saling melengkapi, menjalani satu tahun pelajaran ke depan, bergandengan tangan melakukan perjalanan ke masa depan.

Hal itu lah yang disegarkan kembali pada perayaan HUT PENABUR ke-68, dengan tema KEBERAGAMAN adalah KEKUATAN. Selamat ulang tahun BPK PENABUR, kiranya melalui keberagaman, jadilah kuat untuk semakin menaburkan berkat, khususnya di dunia pendidikan, bagi kemajuan anak-didik, para guru dan karyawan, bangsa dan Negara. ”Rg”