Raimuna Jawa barat XIII

SMAK PENABUR Summarecon Bekasi ikut berpartisipasi dalam kegiatan kegiatan pramuka yang yaitu Raimuna Jawa Barat yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Sumedang, Jawa Barat, pada tanggal 6 November2017 yang diikuti kurang lebih 8.300 peserta. Dari SMAK PENABUR Summarecon Bekasi, siswa yang terpilih adalah Stacia Gabrielle, Franny, Nathan, Rafli Sukanta dan Satria Pasaribu.  Kegiatan ini yang diawali dengan upacara bersama Walikota Bekasi di kantor Walikota bekasi, dilanjutkan upacara bersama peserta yang lain kemudian berangkat menggunakan tronton.

Sesampainya disana, peserta langsung menuju lokasi tenda yang telah di tentukan sesuai dengan kontingen masing masing, dan diberikan waktu untuk beristirahat juga mendirikan tenda. Kegiatan sempat tertunda selama dua hari dikarenakan cuaca yang tidak mendukung. Alhasil upacara pembukaan baru di adakan pada hari Rabu, 8 November 2017 yang dihadiri oleh Bapak Pramuka Jawa Barat yaitu Bpk. Dede Yusuf beserta jajarannya.

Kegiatan diawali dengan welcome party. Keesokan harinya aktivitas peserta dimulai dengan mengumpulkan sticker dengan cara mengikuti zona-zona yang telah di tentukan, antara lain; zona lifeskill, zona komunitas, zona multimedia, zona petualang, zona budaya, zona GDV, dan zona kesakaan dan setiap malamnya acara ini dimeriahkan oleh Dj dan penampilan dari setiap kontingennya.

Banyak kejadian-kejadian yang tdak diduga seperti Hujan disaat kegiatan berlangsung serta Hujan saat peserta beristirahat di tenda yang menyebabkan tenda bocor dan peserta harus menerima keadaan itu karena seorang pramuka sejati tidak boleh mudah mengeluh dalam menghadapi tantangan yang tiba-tiba saja muncul.

Peserta sangat bangga sebab sekolah peserta mengutus peserta sebagai putra putri Raimuna Jawa Barat XIII. Kegiatan Raimuna Jawa Barat yang peserta ikuti ini mendapatkan rekor MURI. Peserta juga turut berpatisipasi dalam memecahkan rekor Body Percussion dengan anggota terbanyak yaitu berjumlah 10.000 anggota pramuka penegak, Pembina, dan pembimbing dari masing-masing sekolah di Jawa Barat, serta disaksikan langsung oleh Ketua Kwarnas Pramuka, Adhyaksa Dault.

Itulah kegiatan dan pembelajaran yang peserta dapatkan dari kegiatan Raimuna Jawa Barat XIII, Untuk menjadi pramuka sejati bisa dimulai dengan hal kecil seperti menghargai perbedaan yang ada dan berpegang teguh pada Bhineka Tunggal Ika. Dalam PKBN2K yang telah diprogramkan oleh yayasan BPK PENABUR JAKARTA nilai yang dapat diambil dalam kegiatan ini adalah “KESETIAAN” dimana setiap peserta dan terutama siswa SMAK PENABUR Summarecon Bekasi mampu melakukan tugas demi kebaikan dan kebenaran. Citra siswa BPK PENABUR JAKARTA adalah BEST, Be Though, Exel world wide, Share with society and Trust in God yang dapat diejawantahkan dalam kegiatan pramuka seperti Raimuna Jawa barat XIII ini.

 

oleh:

Stacia G, Franny M, Nathan A, Rafli S, Satria P

SMAK PENABUR Summarecon Bekasi