Ciri – ciri Orang Tangguh

Sebagai Generasi BEST, salah satu ciri yang dinampakkan oleh para siswa dan lulusan BPK PENABUR adalah TANGGUH (Be Tough). Apa saja yang menjadi ciri orang-orang tangguh dalam hidupnya. Berikut ini  adalah beberapa ciri dari orang-orang yang tangguh (be Tough):

  1. Keadaan boleh kacau, pikiran dan hati kami tetap positif

Orang tangguh selalu berusaha menjaga hati dan pikirannya tetap positif. Sekalipun keadaan di sekitarnya berantakan ataupun kacau, orang yang tangguh tetap berpikir positif. Hali ini menjaganya tetap semangat menghadapi tantangan akibat dari kekacauan yang ada. Itu lah sebabnya mereka tangguh menghadapi segala keadaan. Dengan hati  dan pikiran yang selalu positif, orang-orang tangguh tidak mudah menyerah oleh keadaan di sekitarnya.

  1. Kami hadapi masalah dengan berani

Itulah salah satu moto orang tangguh. Berani menghadapi segala masalah. Semangat yang dilahirkanoleh pikiran dan hati yang positif melahirkan optimisme. Optimisme itu menghasilkan keberanian untuk menghadapi tantangan dan tugas-tugas yang berat sekalipun. Orang tangguh tidak takut menghadapi masalah. Apalagi lari dari masalah. Ia hadapi masalah dengan berani.

  1. Kami bekerja keras agar prestasi hari ini lebih baik daripada hari kemarin

Bagi orang-orang tangguh, hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin. Semangat ini memacu orang-orang tangguh untuk bekerja keras setiap hari. Prestasi adalah sesuatu yang harus diusahakan dengan sungguh-sungguh.

  1. Semua masalah adalah peluang untuk lebih maju.

Salah satuyang membuat orang tangguh berani menghadapi masalah adalah karena bagi mereka semua masalah adalah peluang untuk maju. Peluang untuk bisa lebih baik. Karena itu masalah dianggap sebagi guru, yang mengajarkan sesuatu yang selalu baru.

  1. Kami kreatif mencari jalan keluar atas setiap masalah

Karena semangat untuk selalu lebih baik daripada hari kemarin, orang-orang tangguh mengolah akal budinnya untuk menciptakan hal-hal baru  agar dapat menang menghadapi masalah. Itu membuat orang-orang tangguh selalu kreatif menciptakan peluang dari semua masalah yang dihadapinya.

  1. Kami bilang “TIDAK” untuk menyerah; “Ya” untuk setiap perubahan.

Bagi banyak orang, perubahan menimbulkan masalah. Terhadap masalah itu, orang tangguh, berkata “TIDAK” untuk menyerah. Mereka fleksibel terhadap keadaan dan perkembangan yang ada. Kreatifitasnya membuat ia mampu mengikuti perubahan dan mendapat keuntungan dari perubahan yang ada.

  1. Kami yakin kami bisa

Orang tangguh tahu bahwa ia memiliki karunia yang istimewa dari Tuhan, Penciptanya. Itu membuat mereka yakin, sebesar apa pun masalah yang mereka hadapi, Tuhan memberi mereka kemampuan untuk menghadapinya. Selain itu, orang tangguh juga yakin di setiap masalah yang hadir pasti ada jalan keluar. Karena itu orang-orang tangguh selalu yakin bahwa mereka bisa menghadapi masalah. Sebesar apa pun masalah itu.

Generasi BEST. Sebagai murid PENABUR, kita pasti memiliki banyak masalah. Termasuk diantaranya adalah tugas-tugas yang harus diselesaikan, pemetikan nilai yang sudah antri untuk dihadapi, pelayanan di gereja dan komunitas keagamaan kita lainnya yang harus juga dikerjakan. Membagi waktu adalah sebuah persoalan yang rumit kalua sudah begitu. Sebagai generasi BEST, mari kita hadapi semua itu dengan membangun sikap-sikap di atas. Selamat berproses menjadi orang-orang tangguh. (HL-2017)